Politeknik Negeri Padang Menggandeng Politeknik Ibrahim Sultan, Johor, Malaysia Menyelenggarakan Multidisciplinary Social Innovation Inter Region Project

Politeknik Negeri Padang Menggandeng Politeknik Ibrahim Sultan, Johor, Malaysia Menyelenggarakan Multidisciplinary Social Innovation Inter Region Project

Politeknik Negeri Padang (PNP) pada 26 – 29 Februari 2024 kembali dikunjungi oleh Politeknik Ibrahim Sultan (PIS), Johor, Malaysia. Kunjungan kali kedua PIS ini merupakan tindaklanjut dari lawatan mereka pada pertengahan November 2023 yang lalu. PNP dan PIS berkolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan mengusung tema Kolaborasi dalam Inovasi untuk Kemajuan Negeri. Adapun objek dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat ini adalah Pantai Pasir Jambak. Dijadikannya Pantai Pasir Jambak sebagai objek proyek karena perkampungan sekitar Pantai Pasir Jambak merupakan perkampungan masyarakat nelayan dan juga objek wisata yang belum terkelola dengan baik.

 

Kolaborasi ini merupakan proyek berkelanjutan di antara kedua perguruan tinggi. Selama tiga hari ini, PNP dan PIS berupaya untuk dapat menghasilkan model yang dapat diimplementasikan oleh masyarakat dikawasan Pantai Pasir Jambak untuk mengatasi permasalahan yang ada, sehingga dapat berdampak pada peningkatan dan pengembangan aktifitas kepariwisataan di kawasan ini. Pada hari pertama, tim melakukan kunjungan langsung ke Pantai Pasir Jambak dan bertemu langsung dengan pengelola Pantai Pasir Jambak dan perwakilan masyarakat sekitar Pantai Pasir Jambak, untuk menghimpun langsung permasalahan yang ada di daerah Pasir Jambak. Dimana selanjutnya pada hari kedua, bertempat di Aula Gedung C PNP dilakukan diskusi bersama untuk membahas masukan yang telah didapatkan dari masyarakat pada hari sebelumnya. Diskusi pada hari kedua ini dihadiri oleh seluruh tim yang terlibat dalam proyek kolaborasi. Mewakili Direktur PNP adalah Wakil Direktur Bidang Akademik PNP Bapak Ir. Revalin Herdianto, S.T., M.Sc, Ph.D. dan Wakil Direktur Bidang Kerja sama Bapak Ir. Ihsan Lumasa Rimra, S.ST., M.Sc, D.E.C.N menyerahkan cendera mata kepada Pengarah Proyek dari PIS yaitu Ibu Dr. Noor Ainniesafina Binti Zainal, sebelum diskusi dimulai.

 

Dalam diskusi yang melibatkan unsur-unsur dari program studi (prodi) Sarjana Terapan Usaha Perjalana Wisata, prodi Sarjana Terapan Destinasi Pariwisata, jurusan Teknik Mesin, jurusan Teknik Sipil dan jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Padang tersebut dikembangkanlah ide-ide solutif atas permasalahan yang ada di kawasan Pantai Pasir Jambak untuk dijadikan sebuah prototipe dan industrial design. Beberapa ide yang diperoleh dalam diskusi ini adalah rancangan alat pemijah sampah, desain landmark pantai, serta desain pola pemasaran objek wisata Pantai Pasia Jambak.

 

Pada hari terakhir, rancangan model dan prototipe solutif yang merupakan hasil solusi dari diskusi sebelumnya disiminasikan kepada masyarakat dan pengelola objek wisata Pantai Pasia Jambak. Pada diseminasi ini juga dihadiri oleh mitra industri Politeknik Negeri Padang yang memberikan apresiasi tinggi terhadap program kolaborasi berskala internasional ini. Bahkan, sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Revalin Herdianto, PT. Semen Padang menyatakan kesiapannya untuk membantu merealisasikan prototipe yang telah dirancang. Diharapkan, kolaborasi ini dapat memberikan multiplier effect bagi masyarakat Pantai Pasir Jambak, serta dapat bula berlangsung secara berkelanjutan dan berkesinambungan sebagai wujud nyata kebermanfaatan dan implementasi pendidikan vokasi bagi negeri.

 

 

Ryr &Ms. U